Categories
Produk Pilihan

Spare Part Motor Terpenting Dalam Perawatannya!

Apakah motor kesayangan kamu pernah rusak? Kerusakan pada motor bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena spare part motor yang kurang terawat. Justru hal ini akan merugikan kamu sendiri mengingat biayanya yang juga tidak sedikit.  

Kabar baiknya, kamu bisa merawat spare part motor sendiri asal dilakukan dengan cara yang tepat, lho! Hal ini bukan hanya bisa dilakukan oleh kaum pria namun juga wanita asalkan mau belajar.  

Nah berikut adalah cara merawat spare part motor yang tepat:  

  1. Rantai  

Sama halnya dengan sepeda, rantai motor memegang peranan penting dalam laju kendaraan yang satu ini. Ketika rantai motor bermasalah, maka kamu harus menghentikan perjalanan supaya tidak membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. 

Ada dua bagian rantai yang perlu perhatian lebih, yaitu drive chain dan drive belt. Kedua bagian ini akan menjadi berat kalau kamu jarang mengecek kondisi rantai. Akibatnya, putaran roda jadi berat dan motor kesayangan tidak bisa melaju dengan cepat. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu mengolesi rantai dengan oli baik seminggu ataupun dua minggu sekali. Jangan lupa untuk membersihkan rantai dengan sikat supaya kotorannya bisa terangkat dengan maksimal.  

  1. Ban 

Ban adalah spare part berikutnya yang memegang peranan penting pada motor. Kamu perlu mengecek tekanan ban secara rutin karena hal inilah yang memengaruhi keseimbangan motor.  

Ketika tekanan ban di bawah normal, ban akan lebih banyak menyerap panas dan gampang pecah di jalan. Bukan hanya kamu perlu menghentikan laju kendaraan, ban yang tiba-tiba pecah juga bisa menyebabkan kecelakaan. 

Selain tekanan ban, kamu juga perlu mengecek tingkat ketebalan dari ban tersebut. Apabila ban sudah tipis, maka kamu perlu segera menggantinya. Ban motor yang tipis akan kurang responsif ketika digunakan berkendara dan sering terpeleset ketika melalui medan jalan yang licin ataupun berbatu.  

  1. Rem 

Tidak bisa dipungkiri jika rem adalah salah satu spare part terpenting pada motor. Ketika rem bermasalah, perjalanan kamu akan berbahaya karena fungsi rem yang mampu menghentikan laju kendaraan kapan saja, bahkan dalam kondisi yang tidak menguntungkan sekalipun. 

Perlu kamu tahu jika rem terdapat di bagian depan dan bagian belakang ban. Oleh sebab itulah kamu perlu mengecek kondisi kedua rem dengan rutin, salah satunya cek apakah persediaan minyak rem masih banyak atau tidak.  

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek pakem atau tidaknya rem tersebut. Apabila sudah kurang pakem, maka sebaiknya kamu segera mengganti rem untuk menghindari kecelakaan ataupun hal buruk lainnya. Kamu juga perlu segera mengganti kampas rem yang sudah tipis supaya motor kesayangan bisa bekerja dengan prima setiap saat.  

  1. Aki 

Aki adalah salah satu spare part motor yang akan memengaruhi kinerja motor secara keseluruhan ketika bermasalah. Oleh sebab itulah kamu perlu mengecek kondisi aki, baik yang kamu gunakan adalah aki kering maupun aki basah.  

Kamu perlu segera mengganti aki apabila level cairannya sudah banyak mengalami penurunan karena hal ini menandakan sudah tidak layak pakai. Gantilah air aki dengan air yang tidak mengandung ion supaya tidak menyebabkan karat pada mesin motor.   

Selain itu, kamu juga perlu mengecek kondisi voltase aki supaya tidak tekor. Kehabisan air aki hanya akan menyebabkan mesin motor memanas dan motor bisa menjadi macet di tengah perjalanan. 

Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi merawat spare part motor setelah penjelasan barusan kan? jangan lupa untuk lebih merawat motor kesayangan mulai dari sekarang, ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *