Categories
Produk Pilihan

Base Layer Motor Saat Berkendara, Pentingkah?

Sepeda motor saat ini merupakan salah satu pilihan transportasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia. Selain harganya yang jauh lebih terjangkau daripada mobil, berkendara dengan sepeda motor juga dirasa lebih efisien. terutama ketika harus melewati kemacetan di perkotaan dan harus menuju ke tempat tujuan dalam waktu singkat. Di saat-saat seperti ini, sepeda motor adalah yang paling efektif. Gunakan base layer motor terbaik ya.

Tetapi mengendarai sepeda motor sebenarnya tidak sesimpel itu. Untuk bisa berkendara dengan aman, pengendara bukan hanya harus bisa menyetir saja. Melainkan harus memakai perlengkapan yang mendukung keamanan dan kenyamanan. Helm dan jaket adalah yang paling standar, selain itu masih ada masker, kacamata motor, decker, dan lain-lain. Untuk perjalanan jauh, masih ada lagi peralatan berkendara motor yang penting, yaitu base layer. Apa itu? 

Apa Itu Base Layer Motor? 

Pernah nggak sih kamu memikirkan harus pakai baju apa saat mengendarai sepeda motor? Yang dimaksud baju di sini adalah yang kamu pakai di dalam jaket motormu, alias baju yang menempel langsung dengan kulit. Pada umumnya, kebanyakan pengendara sepeda motor tidak memikirkan hingga sejauh ini. Biasanya orang cenderung memakai baju yang biasa dikenakan saja yang disesuaikan dengan tempat tujuan. Jika berkendara ke kantor, maka baju dalamnya adalah kaos dalam dan kemeja. Jika pergi ke acara santai, maka baju dalamnya adalah kaos. 

Sebenarnya ada baju khusus untuk berkendara motor, loh. Para pembalap motor biasanya memakai baju warna hitam yang modelnya body fit atau pas badan sebelum mengenakan wearpack untuk bertanding. Tapi baju body fit ini bukan hanya untuk pembalap profesional saja, melainkan juga bisa dikenakan pengendara sepeda motor biasa. Baju ini disebut sebagai base layer, yaitu baju yang menempel langsung dengan kulit. 

Tetapi masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak terlalu menganggap penting penggunaan base layer. Selain dianggap merepotkan saat dipakai, di tempat tujuan juga pengemudi akan merasa kerepotan saat harus mengganti baju lagi. Memang tak dapat dipungkiri, penggunaan base layer agak repot. Tetapi sebenarnya base layer memberi banyak manfaat saat harus berkendara dalam jarak jauh, misalnya saat touring atau perjalanan ke luar kota. Untuk perjalanan dalam kota yang jaraknya sangat jauh juga juga base layer sangat berguna. Orang yang bekerja dengan sepeda motor sepanjang hari seperti tukang ojek atau kurir juga sebaiknya menggunakan base layer. 

Fungsi Base Layer Motor untuk Berkendara 

Pada umumnya base layer terbuat dari campuran bahan polyester 95% dan spandex 5%. Tekstur base layer elastis dan saat dipakai modelnya pas badan. Kebanyakan base layer berwarna gelap. Fungsinya adalah: 

  1. Membuat pengendara tidak kegerahan karena bahannya yang mampu menyerap keringat dan tidak meninggalkan bau.  
  1. Membuat badan tetap hangat di saat suhu dingin, fungsi ini yang tidak dimiliki bahan baju biasa. bisa membuat adem tapi sekaligus hangat, tergantung apa yang dibutuhkan tubuh. inilah kelebihan base layer yang sangat penting dalam mengendarai motor. 
  1. Mencegah iritasi yang bisa didapat dari bahan jaket motor, karena kulit tidak bersentuhan langsung dengan bahan jaket. 
  1. Gerak tubuh bebas saat berkendara karena bahannya yang elastis dan pas badan. 

Ternyata sangat penting kan penggunaan base layer untuk mengendarai motor? Jika kamu sering berkendara dalam jarak jauh, sebaiknya menggunakan base layer demi kenyamanan berkendara. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *