Categories
Produk Pilihan

Spion Motor Variasi Berkualitas yang Tak Boleh Diabaikan

Spion motor merupakan salah satu aksesoris yang memiliki fungsi besar dan krusial untuk menjaga kamu tetap aman ketika berkendara. Bagaimana tidak, dengan adanya cermin mungil di stang motormu ini kamu jadi bisa selalu waspada dengan kondisi di sekitarmu, kamu tahu kapan harus mendahului, kapan harus menepi dan juga kapan harus memacu kendaraan lebih cepat karena berbagai alasan. Itulah sebabnya meskipun tidak langsung berhubungan dengan kemampuan motor melaju di jalanan, keberadaan spion tak boleh diabaikan.

Pertanyaannya adalah apakah spion yang kamu miliki sudah cukup bagus, aman dan dapat membantu kamu di jalan? Ketahui bahwa kaca spion yang berkualitas dan layak digunakan memiliki beberapa ciri-ciri atau karakteristik yang perlu kamu perhatikan terutama jika kamu ingin mengubah spion bawaan motor dengan versi variasi. Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya:

  1. Memiliki Cermin Cembung

Jika dilihat sekilas, spion nampaknya memiliki permukaan yang datar seperti cermin pada umumnya. Jangan salah paham. Meskipun saat ini memang ada spion yang menggunakan cermin datar namun jika kamu ingin mendapatkan produk terbaik yang berfungsi dengan sempurna di jalan, kamu sebaiknya memilih spion dengan cermin cembung.

Bukan untuk gaya, penggunaan cermin cembung ini memberikan jangkauan pandang yang lebih baik di jalan karena bisa menjangkau area yang lebih luas.Kamu jadi benar-benar tahu kondisi di belakangmu tanpa harus menoleh yang malah berbahaya bagi keselamatan. Selain itu, yang kamu butuhkan dari spion bukanlah tampilan detail dari objek yang ada di sekitarmu namun justru lebih pada apa saja yang ada di sana sehingga jangkauan cermin cembung ini sangat membantu.

  1. Menggunakan Bahan Bingkai yang Kuat

Bersikap hati-hati di jalan adalah sebuah keharusan saat berkendara. Namun, pernahkah kamu mengalami kejadian dimana spion terbentur atau malah tertabrak kendaraan ataupun benda keras yang membuatnya rusak? Bayangkan saja jika pada saat itu spionmu pecah karena frame atau bingkai yang ringkih.

Pasti kaget sekali. Itulah pentingnya memiliki spion dengan bingkai yang terbuat dari material yang kokoh. Meskipun mungkin kamu tak suka dengan bingkai variasi dengan warna atau bentuk unik, kamu harus tau bahwa kekuatan bingkai ini menentukan keamanan kaca spion sendiri karena tidak ada yang pernah tahu hal apa yang akan terjadi di jalan.

  1. Memiliki Tangkai Medium

Terutama jika kamu suka memodifikasi kendaraan, kamu akan menyadari bahwa di luar sana spion variasi memberikan kamu berbagai pilihan bahkan dalam hal ukuran tangkai. Namun, jangan dikira semakin panjang tangkai spion akan semakin baik atau sebaliknya. Jika tangkai spion terlalu panjang tentu akan mengganggu kenyamanan tanganmu memegang setir dan bahkan mengganggu pengguna jalan lain karena menerobos batas kendaraan.

Namun jika terlalu pendek, jangkauan pandang ke belakang juga mengecil yang berarti fungsi spion itu sendiri tak bisa maksimal. Spion yang baik, aman dan berkualitas adalah yang memiliki tangkai dengan panjang medium sehingga berfungsi dengan baik dan tidak mengganggu orang lain.

  1. Sesuai dengan tipe motor

Semakin besar bodi motor yang kamu kendarai, semakin banyak tempat yang dibutuhkan selama berada di jalan yang berarti kamu juga harus semakin awas dengan kondisi di sekelilingmu. Itulah sebabnya spion seharusnya sesuai dengan tipe motor yang kamu gunakan. Spion yang baik dan aman memiliki ukuran yang proporsional dengan bodi motor. Jangan pernah mengganti spion dengan ukuran yang lebih kecil karena akan membahayakan kamu di jalan.

Mengganti spion motor standar dengan versi modifikasi tidaklah melanggar hukum selama sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan dengan memenuhi kriteria di atas, aksesoris ini bukan hanya sesuai dengan Undang-Undang namun juga membuat kamu nyaman di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *