Categories
Produk Pilihan

Mur Motor yang Bagus dan Aman Digunakan

Bagi orang awam yang tidak paham dengan otomotif mungkin akan menyangka bahwa motor hanya terdiri dari bagian besar seperti rangka, mesin dan segala aksesoris yang terlihat jelas oleh mata. Padahal motor terdiri dari begitu banyak bagian bahkan yang tak terlihat karena ukurannya yang kecil, misalnya saja mur motor. Meskipun kelihatan sepele dan tidak langsung berhubungan dengan kinerja kendaraan, namun mur memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk menyatukan bagian-bagian kendaraan.

Kamu bisa bayangkan jika suatu saat mur motor di satu titik vital kendaraan terlepas, bisa bahaya! Itulah sebabnya ketika kamu harus mengganti mur tua dengan yang baru atau menggantikan mur yang terlepas tadi ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa poin yang bisa kamu jadikan acuan untuk memilih mur yang tak hanya bagus namun juga aman digunakan.

  1. Ulir yang Kuat

Meskipun tidak memahami urusan perbengkelan, kamu pasti bisa langsung mengenali yang disebut dengan mur karena komponen kecil ini memiliki ulir spiral yang mudah terlihat. Dan ulir ini bukan hanya pajangan karena justru menjadi kunci bagi fungsi utamanya yakni mengikat satu bagian dengan yang lain.

Jika ingin mendapatkan mur yang bagus, kriteria pertama yang harus dipenuhi adalah ulir atau drat yang kuat. Tidak mudah terkikis atau bahkan patah. Ulir yang kuat ini otomatis dapat mengikat dengan kencang sehingga kamu tak perlu khawatir mur akan jatuh dan membahayakan pengendara, dengan catatan sudah dipasang dengan sempurna.

  1. Tidak Mudah Berkarat

Komponen seperti mur, dari tampilannya saja sudah terlihat jika terbuat dari satu mineral tertentu dimana karat menjadi salah satu ancaman serius. Meskipun merupakan sebuah proses alami hasil dari oksidasi namun ketahuilah bahwa karat bisa membuat mur menjadi keropos, tidak bisa dilepas atau malah menularkan karat tersebut ke bagian lain. Itulah mengapa sangat penting bagi kamu untuk memenuhi kriteria kedua saat memilih mur yakni pilihlah bahan yang anti karat. Untuk itu kamu punya setidaknya 2 pilihan: aluminum dan duralumin.

  1. Kualitas Bahan yang Bagus

Berbicara soal kualitas tidak akan pernah lepas dari diskusi tentang bahan baku pembuatannya. Saat kamu memilih mur motor yang bagus dan aman, maka satu hal yang harus dipastikan adalah bahan pembuatnya. Secara umum ada 3 jenis bahan yang digunakan untuk mur, besi atau baja, alumunium dan duralium. Ketiga material ini memiliki karakteristiknya masing-masing. Besi dan baja memiliki kekuatan yang tak perlu diragukan namun mudah berkarat.

Sedangkan bahan aluminum memiliki bobot yang ringan namun tidak sekuat baja dengan ulir yang mudah aus pula. Duralumin memiliki bobot yang ringan seperti aluminum namun lebih kuat. Dari karakteristik ini kamu bisa mengambil kesimpulan sendiri kira-kira bahan mana yang paling sempurna untuk mur yang kamu inginkan.

  1. Mudah Dilepas Pasang

Kriteria terakhir yang patut dipertimbangkan adalah kemudahannya untuk dibongkar-pasang. Hal ini berkaitan dengan cetakan ulir dan juga bahan yang digunakan. Kamu tidak berharap motor kesayangan harus masuk ke bengkel dan melepas mur disana-sini karena ada masalah. Namun, terkadang hal ini tidak terhindarkan dan kemudahan dalam menggunakan mur akan menjadi satu hal yang sangat membantu.

Jangan pernah meremehkan bagian kecil dari kendaraan karena jika satu bagian bermasalah, maka kinerja motor juga akan terganggu. Penuhi empat kriteria di atas dan pastikan mur motor yang kamu gunakan baik serta aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *